Thursday, March 25, 2010

sungai di bawah laut

Sungai bawah laut mexico atau meksiko menjadi salah satu fenomena alam yang banyak menjadi pembicaraan, karena kita tahu bahwa air laut mempunyai karaktersitik rasa asin, akan tetapi di mexico ditemukan sebuah sungai yang terletak 30 m dibawah kedalaman laut, dan anehnya lagi rasa dari air dari sungai dasar laut tersebut adalah tawar.
Sungai bawah laut tersebut tedapat di perairan Cenote Angelita di meksiko, meski demikian fenomena alam tersebut ditanggapi oleh para ilmuwan bahwa kejadian tersebut cukup menarik dan jarang sekali terjadi didunia ini, yang menjadi perntanyaan sekarang apa penyebab terjadianya sungai bawah laut tersebut?
Di tempat tersebut ada jalan masuk berupa gua. Jika anda seorang penyelam anda akan mengalami hal yang aneh di tempat ini. Hal yang aneh di sungai bawah laut ini yaitu pada kedalaman 30 meter, airnya berupa air tawar sedangkan di kedalaman 60 meter airnya asin, sungai bawah lau yang ada dimeksiko ini merupakan sungai yang spesial karena terbentuk dari lapisan hidrogen sulfida, yang nampak seperti sungai.
Jika hal ini dihubungkan dengan Alquran yang diturunkan sekitar 1500 tahun yang lalu terdapat ayat yang menyebutkan, “Dan Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi.” (QS. Alfurqon (25): 53).
Menurut menristek Suharna Surapranata seperti dikutip vivanews mengatakan meski warna kecoklatan air pada sungai bawah laut tersebut mirip dengan pola air tawar pada sungai-sungai umumnya namun air tersebut bukanlah air tawar tetapi lapisan bagian bawah gas hidrogen sulfida (H2S) yang bersifat asam.
Fenomena ditemukanya sungai bawah laut meksiko ini, mungkin membuat kita terus belajar akan kejadian alam, dan pastinya hal tersebut adalah kehendak yang kuasa.

No comments :

Post a Comment

thanks for your compliments and / or advices.
i appreciate every single comment you've wrote to me!
don't forget to write your link so i can visit you later =)